Kuliah sambil kerja adalah keputusan yang nggak boleh ditentukan main-main. Dibalik keputusan ini, tentunya ada beberapa hal yang menjadi alasan mulai dari ingin mengasah keterampilandalam satu waktu hingga masalah ekonomi. Memang, nggak sedikit mahasiswa yang berhasil menjalankan keduanya, baik kuliah maupun kerja secara bersamaan. Namun, semua itu bukannya tanpa usaha dan pengorbanan.

Jika kamu memang harus kuliah sambil kerja, ikuti tips-tips dari Hipwee Sukses berikut agar kamu bisa mengatur waktu dan menjaga kesehatan untuk tetap semangat menjalani keduanya dengan baik.

1. Pilihlah pekerjaan paruh waktu atau freelance yang jam kerjanya bisa disesuaikan dengan jadwal perkuliahan

jadi penyiar radio via www.udemy.com

2. Jika memungkinkan, pilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliahmu. Itung-itung sekalian praktik gitu~

Manajemen waktu saat kuliah sambil kerja jadi hal yang sangat krusial. Kalau kamu bisa mengatur waktu dengan baik, niscaya keduanya juga bisa dijalani dengan baik pula. Mulailah dari hal-hal kecil, seperti membuat jadwal kuliah dan kerja agar nggak bentrok satu sama lain. Jangan lupa untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan sisihkan waktu lebih dalam sehari untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

5. Karena kuliah nomor satu, segerakan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Jangan pernah menundanya

tugas kuliah nomor satu via www.npr.org

Begitu ada tuga kuliah, segera selesaikan begitu ada waktu untuk mengerjakan. Lelah bekerja nggak bisa dijadikan alasan untuk menunda mengerjakan, itu sudah jadi konsekuensimu. Kalau nilaimu sampai bermasalah, maka kuliahmu pun bisa molor, kan jadi merugikan juga secara finansial~

6. Kamu harus rela mengorbankan waktu untuk bersenang-senang. Maka, kuatkan mental

kuat mental via studyinsweden.se

Jika mahasiswa lain menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, berorganisasi, menjalani hobi, bermain atau bersenang-senang, sebaliknya, kamu harus mengorbankan sebagian kesempatan di sela kuliah untuk bekerja. Kuatkan mentalmu dan ingat lagi tujuan awalmu kuliah sambil kerja. Mungkin waktu-waktu ini akan kamu lewatkan, tapi di depan nanti kamu akan dapatkan kesempatan yang lebih baik.

7. Buat dirimu tangguh dengan selalu menjaga kesehatan. Jangan pernah lewatkan waktu istirahat dan makan

menjaga kesehatan via www.medibank.com.au

Kelelahan setiap harinya sudah jadi hal yang akan kamu rasakan sehari-harinya. Namun, usahakan agar nggak sampai jatuh sakit. Tipsnya, terapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan, nggak melewatkan sarapan, minum banyak air putih, olahraga, dan istirahat yang cukup. Seiring dengan berjalannya waktu, masa-masa berat ini akan membuatmu terbiasa.

Meski nggak dianjurkan, kuliah sambil kerja bukanlah hal mustahil untuk kamu coba. Selagi punya niat dan ketekunan untuk menjalankan keduanya sekaligus, maka bekal ilmu dan pengalaman pun bakal kamu dapatkan dalam satu waktu. Jadi, pikirkan matang-matang terlebih dahulu, ya!

Sumber: https://www.hipwee.com/sukses/kuliah-sambil-kerja/?ref=homepage_slider