Libur telah tiba…

Libur telah tiba…

Hooreee! Hooreee!

Satu semester telah berlalu dengan cepat, akhirnya libur panjang tiba juga. Tahun ini memang liburan terpanjang yang dirasakan oleh anak-anak sekolahan. Gimana nggak, setelah libur Idulfitri dilanjut lagi dengan libur sekolah. Yaa, kalau dihitung-hitung nyaris satu bulan lah, ya. Apalagi buat anak kuliahan yang masih semester awal, liburan pasca ujian di semester genap adalah yang paling dinanti karena liburan yang dinikmati bisa mencapai tiga bulan lamanya.

Nah, lho, selama liburan mau ngapaian aja, nih? Jalan-jalan? Main ke rumah teman? Atau di rumah aja? Tenang, buat kamu yang lebih suka liburan di rumah aja, ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan dan dijamin anti-bosan. Yap, hobi ini bikin kamu bisa lupa waktu dan tanpa terasa mengasah daya kreativitas yang mungkin sebelumnya belum kamu sadari.

Yuk, langsung simak aja berbagai kegiatan kreatif yang bisa kamu lakukan selama liburan ini. Siapin alat tempurnya, ya!

1. Bikin jadwal kegiatanmu dengan cara Bullet Journaling pasti lebih menarik dan menyenangkan

bullet journaling

bullet journaling via https://br.pinterest.com

Bullet Journaling atau Bujo adalah hobi yang saat ini lagi nge-hits. Semakin semarak karena hobi ini banyak diminati dan di-posting melalui Instagram bahkan ada komunitas online yang mewadahi kegiatan kreatif ini, salah satunya @planneraddictindonesia yang aktif mengadakan berbagai event seputar Bujo, giveaway, sampai kopdar sesama pecinta Bujo.

Tapi sebenernya Bujo ini apa, sih? Bullet Journaling atau Bujo adalah sistem penulisan tugas, jadwal atau rutinitas kita dalam sebuah buku. Bisa ditulis secara umum maupun terperinci, pokoknya apapun yang ingin kita lakukan bisa kita tulis dengan bebas dan sesuai kreasi kita dalam sebuah buku. Bujo sangat membantumu untuk hidup teratur dan tentunya membuatmu semakin kreatif menghias lembaran kertas dalam jurnalmu.

Modalnya sangat murah, kamu cukup miliki buku, drawing pen, aneka warna spidol atau pensil warna atau krayon kemudian bebaskan imajinasimu. Violaa!

2. Punya kain perca dan mesin jahit? Cobain bikin prakarya dengan cara Quilting Fabric

quilting fabric

quilting fabric via https://www.spotlightstores.com

Patchwork atau Quilting adalah seni menjahit beberapa jenis atau motif kain menjadi sebuah benda. Benda tersebut dapat berupa tas jinjing, selimut, sarung bantal, dan berbagai macam benda lainnya. Tidak ada patokan khusus dalam seni quilting fabric ini, kamu bebas menentukan bentuk-bentuknya mulai dari persegi, segitiga, persegi panjang, dan sebagainya.

Jika kamu sangat pemula dalam hal jahit-menjahit, maka kamu bisa mulai dengan membuat tatakan gelas atau piring agar meja makanmu semakin cantik. Hanya perlu kain perca, benang, gunting, dan mesin jahit saja untuk membuat prakarya ini. Cukup mudah, bukan?

3. Bikin Hand Lettering? Kenapa nggak!

hand lettering

hand lettering via https://brooklynbrainery.com

Harusnya kamu udah nggak asing lagi dengan Hand Lettering, ya. Yap, seni menulis indah ini bisa kamu tekuni selama liburan. Nggak selalu harus pakai bolpoin khusus, kamu bisa mulai dengan pensil untuk sekadar latihan. Kamu pun bisa mulai dengan menulis kalimat sederhana atau kutipan favoritmu di atas kertas.

Ada banyak tutorial yang bisa kamu ikuti saat membuat hand lettering ini. Jika sudah expert, sangat memungkinkan bagi kamu membuka jasa pembuatan Hand Lettering yang punya nilai jual tinggi. Gimana? Tertarik untuk mulai corat-coret di atas kertas?

4. Merajut bukan hobi yang kuno, lho! Kamu bisa coba hobi yang menguji konsentrasi dan ketelitianmu ini

Merajut memang bukan hobi kekinian, sih. Tapi hobi kreatif yang satu ini masih banyak dilakukan, walaupun untuk anak muda mungkin tidak begitu populer. Siapa yang sangka, dengan merajut kamu melatih ketelitian dan tentunya otakmu terbiasa untuk terus berpikir. Iyalah, kalau sampai salah hitungan bisa-bisa hasil rajutanmu tidak seimbang dan sinkron.

Selama liburan ini kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk membuat syal, tas, sarung tangan, topi, dan lain sebagainya. Hasil rajutanmu bisa dijadikan hadiah untuk orang-orang tersayang, lho! Pasti hadiah ini akan terasa spesial, bukan?

5. Mewarnai gambar bisa bikin liburanmu anti-stres dan tambah kreatif

coloring book

coloring book via https://egyptianstreets.com

Kamu tahu banget dong tentang Coloring Book for Adult? Yap, seperti yang dilansir oleh Alodokter bahwa melakukan kegiatan kreatif dipercaya dapat membantu seseorang dalam mengekspresikan diri, meredakan stres, mengendalikan perilaku, meningkatkan kemampuan interpersonal, serta kesadaran diri.

Nah, coloring book adalah salah satu bentuk distraksi (pengalihan) terhadap perasaan negarif yang sedang dirasakan. Contohnya aja kamu lagi sedih nih, cobalah untuk mewarnai gambar-gamar di coloring book maka perasaan sedihmu akan berangsung membaik. Nggak percaya? Coba dulu, deh!

6. Percantik kamarmu dengan membuat Giant Paper Flower yang cukup mudah untuk diikuti

giant paper flower

giant paper flower via http://amazon.com

Giant Paper Flower bagaikan primadona yang selalu tampak indah sebagai dekorasi dalam setiap momen spesial. Yap, si bunga raksasa ini seringkali kita temukan di pesta pernikahan, acara lamaran, pesta ulang tahun, atau acara-acara spesial lainnya.

Tapi kamu tahu nggak kalau membuat bunga raksasa ini nggak sesulit yang kamu bayangkan, lho! Ada banyak tutorial membuat giant paper flower dengan beragam bentuk dan ukuran. Haislnya bisa kamu tempel sebagai penghias kamar atau ruangan tertentu yang sesuai dengan warna bunga yang kamu buat.

7. Yuk, asah kreativitasmu di dapur! Memasak bisa kamu jadikan hobi saat mengisi liburan panjang

memasak

memasak via https://saludmovil.com

Coba angkat tangan yang sampai saat ini cuma bisa masak air, mie instan, dan telor ceplok aja? Ah, kamu wajib coba turun ke dapur tanpa bantuan Ibu atau asisten rumah tangga, deh. Memasak itu nggak susah kok, apalagi dengan banyaknya informasi tentang berbagai resep yang bisa langsung kamu aplikasikan. Dijamin bikin kamu nagih untuk terus masak, deh.

Sayang banget kalau liburan panjangmu nggak diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan menyenangkan ini. Coba deh mulai hari ini kamu rencanakan mau ngapain aja. Jangan sampai waktu liburanmu berlalu begitu saja dan nggak ada hal apa pun yang kamu pelajari selama liburan. Meskipun sedang liburan bukan berarti otakmu harus kosong melompong, kan? Yuk, lakukan kegiatan positif dan menyenangkan!